Berita Terbaru
Loading...
Kamis, 17 Januari 2013

Tips Cara latihan karate yang Benar

Tips Cara latihan karate yang Benar

Tips Cara latihan karate yang Benar

Berikut ini saya akan memberikan sedikit tips cara latihan karate yang benar. Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa olahraga beladiri Karate merupakan beladiri yang memerlukan gerakan tubuh menyeluruh ke segala arah. Beladiri Karate berbeda dengan beladiri lain yang lebih memfokuskan pada gerakan tubuh tertentu misal nya kaki saja maupun tangan saja. 

Oleh karena itu beladiri karate merupakan latihan yang sangat tepat bagi anda yang memperhatikan gerakan tubuh secara menyeluruh. Di dalam karate untuk menyelesaikan 1 set Kata dibutuhkan waktu antara 1 menit samapai 2 menit. Namun bila kata tersebut semakin sering dilatih maka akan semakin terampil dan cepat gerakannya dan juga akan semakin pendek waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan 1 set kata.

Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan beladiri karate dibandingkan beladiri lain. Terutama bagi seseorang yang sibuk dalam kesehariannya dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olah raga sehari hari. 

Tidak banyak olah raga yang kita temui seperti karate yang tidak perlu memerlukan tempat yang luas, peralatan dan juga pathner. Latihan karate bisa kita lakukan di halaman rumas, teras dengan waktu kapan saja dan tidak harus memerlukan pathner dan juga peralatan khsusus.

Kelebihan karate dibandingkan beladiri lain antara lain Latihan karate bisa dilakukan mereka yang lemah fisiknya, wanita, anak-anak, maupun yang usia sudah lanjut, caranya yaitu seseorang dapat melakukan latihan karate dengan menyesuaikan dengan kondisi fisik mereka sekarang. Misalnya dalam melakukan satu unit latihan (kata), hanya membutuhkan waktu 1 - 2 menit sesi latihan. Sehingga tidak akan menimbulkan suatu kelelahan latihan / merasa latihan terlalu berat bagi kondisi fisik yang lemah dikarenakan waktu / sesi latiahn per set hanya membutuhkan waktu 1 - 2 menit.

Akan lebih bagus lagi bagi seseorang yang sudah terbiasa latihan karate secara teratur dan rutin, maka teknik-teknik yang dia dimiliki akan semakin bagus, serta tiap gerakanyang dia lakukan dengan sendirinya akan menjadi semakin kuat. Dengan demikian, semakin lama dia berlatih, porsi latihan dengan sendirinya akan semakin bertambah baik dari segi waktu maupun bobot latihan.



 

2 komentar: