Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 21 Desember 2012

Gerakan Gerakan dalam Karate

Gerakan Gerakan dalam Karate

Gerakan Gerakan dalam Karate

Di dalam Teknik Karate dikenal dengan tiga bagian utama yaitu adalah Kihon atau teknik dasar, Kata atau jurus dan Kumite atau pertarungan. Di dalam Karate seorang Murid yang telah mencapai tingkat lanjut diajarkan pula untuk bisa pula menggunakan senjata seperti tongkat (bo) maupun ruyung (nunchaku).

Dalam Karate istilah Kata (型:かた) secara harfiah diartikan sebagai suatu bentuk atau pola. Kata dalam beladiri karate tidak hanya berupa latihan aerobik atau latihan fisik saja. Akan tetapi juga mengandung pelajaran tentang prinsip tentang bagaimana cara bertarung. Setiap Gerakan Kata dalam Karate memiliki ritme gerakan sendiri sendiri dan juga setiap gerakan memiliki  pernapasan yang berbeda.

Berikut ini adalah gerakan kata dalam aliran "Sotokan" yang berkembang di Indonesia dan masuk dalam organisai bernama INKAI. Gerakan Kata dalam Karate dibagi menjadi lima, yaitu yang pertama adalah Heian Shodan (kata 1), Heian Nidan (kata2), Heian Sandan (kata3), Heian Yondan (kata 4), dan Heian Godan (kata 5). Heian Shodan (kata 1).

Heian Shodan (kata 1)
Heian Nidan (kata2) Karate
 
 
  Heian Sandan (kata3) Karate

Heian Yondan (kata 4) Karate

Heian Godan (kata 5) Karate


Dalam Kata karate juga dikenal adanya yang Bunkai. Bunkai dalam beladiri Karate adalah aplikasi yang dapat digunakan dari gerakan-gerakan dasar Kata.
 
Setiap aliran memiliki perbedaan gerak dan nama yang berbeda untuk tiap Kata. 
Misalnya saja : Kata Tekki di aliran Shotokan dikenal dengan nama Naihanchi di aliran Shito Ryu. Sebagai akibatnya Bunkai (aplikasi kata) tiap aliran juga berbeda.
 
Semoga artikela di atas bisa bermanfaat bagi anda.
Terima kasih.

 
 

4 komentar: